Beginilah Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur

Balance - Tanaman memiliki banyak manfaat. Selain hasilnya bisa digunakan sebagai bahan makanan, tanaman juga bisa menjadi penghias rumah. Apalagi untuk beberapa orang, ada pula yang menilai bahwa tanaman bisa menambah rejeki. Jika Anda termasuk yang suka mengoleksi banyak tanaman di rumah, Anda perlu mengetahui beragam cara untuk merawatnya. Tentu hal ini berfungsi untuk membuat tanaman selalu subur dan tidak mudah layu. 


Jika Anda masih bingung bagaimana cara merawat tanaman agar selalu subur, berikut informasi yang bisa dicoba:

Menyuburkan dengan kulit pisang
Bunga yang layu atau daun menguning dan rontok seringkali terjadi pada tanaman yang ditanam dalam pot. Ini karena sumber unsur hara yang ada berkurang hingga menjadikan tanah kurang subur. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai kulit pisang. 

Caranya mudah, ambil kulit pisang, lalu simpan selama beberapa hari. Jika telah terlihat kecoklatan dan tampak kering, hancurkan hingga lembut, kemudian taburkan di waktu sore dan pagi hari pada tanaman Anda.

Memudahkan tanaman cepat berbuah
Ketika Anda membeli tanaman buah dan memeliharanya, maka potensi keberhasilannya hanya sekian persen alias tanaman tersebut masih susah berbuah. Namun herannya, tanaman yang dipelihara oleh penjualnya seringkali tumbuh subur dengan buah yang banyak. 

Apabila Anda menjumpai masalah yang sama, cobalah pupuk tanaman dengan memanfaatkan sisa – sisa ampas kelapa yang tidak dipakai lagi. Lakukan hal ini berulang – ulang sebanyak dua kali dalam seminggu. Maka tanaman Anda akan lebih subur dan cepat berbuah. 

Memberi pupuk dengan takaran yang pas
Bagi tanaman, pemberian pupuk adalah hal yang perlu untuk diperhatikan. Maka dari itu, memberikan pupuk pada tanaman haruslah sesuai dengan takaran dan dosisnya. Jika Anda baru menanam tanaman atau masih dalam pertumbuhan (vegetative), lebih baik gunakan pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi. Tetapi jika tanaman tersebut generative, sebaiknya pilihlah pupuk dengan kandungan fosfor tinggi.

Menanam tanaman pengusir hama
Hama juga menjadi salah satu penyebab tanaman mudah layu. Untuk mencegah hal itu terjadi, tanamlah tanaman yang ias mengusir hama. Contohnya kristan, generanium, aster, dan nasturtium. Tanamlah di sekitar tanaman Anda. Karena bunga – bunga itu memiliki zat dan bau yang tidak sukai oleh hama. Bunga – bunga indah itu juga akan mempercantik halaman Anda.

Menyuburkan tanaman dengan ampas teh
Untuk membuat tanaman Anda tumbuh subur, manfaatkan ampas teh yang sudah Anda gunakan. Ampas teh bisa membuat tanaman Anda tidak mudah layu dengan menjadikannya sebagai kompos. Caranya adalah taburkan ampas teh ke sekitar akar tanaman sambil dibenamkan dalam tanah. Jika teh Anda berjenis teh celup, buka dulu kertas yang membungkus ampas teh tersebut.

Menyuburkan tanaman dengan kulit bawang
Apabila Anda sedang mengupas dan memotong bawang, usahakan untuk tidak membuang kulitnya. Kulit bawang juga memiliki fungsi yang sama dengan ampas teh dan kulit pisang, yaitu dapat membantu menyuburkan tanah. Anda bisa memanfaatkan kulit bawang dengan mengumpulkannya dan rendam dalam air secukupnya selama satu malam. Keesokannya, siram air yang berisi kulit bawang ke tanaman. Lakukan secara rutin agar hasilnya segera bisa didapatkan.

Itu dia beberapa tips untuk membuat tanaman Anda tetap subur dan tidak mudah layu. Tanaman harus  dirawat secara teratur agar Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Untuk yang belum memilikinya, Anda bisa membeli berbagai macam tanaman. Ada pula tanaman pembawa rejeki yang bisa Anda beli dan dirawat dengan baik. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon