Kenali Lebih Dalam Rumah Minimalis, Yuk!

Balance - Apakah Anda sedang berencana untuk membangun rumah impian Anda? Bingung dengan gaya rumah apa yang akan Anda pilih? Coba kenali gaya rumah minimalis lebih dalam, yuk! Rumah minimalis pada saat ini adalah salah satu gaya rumah yang sedang nge-trend dan paling banyak dipilih dan juga digunakan oleh kebanyakan orang. Ada beberapa unsur yang membuat sebuah rumah menjadi bergaya minimalis. Sebelum Anda menentukannya, tentu lebih baik Anda mengenalnya terlebih dahulu. Simak penjelasannya di bawah ini!


Sederhana
Dari namanya, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa gaya rumah ini adalah sederhana. Minimal dan sederhana. Di rumah minimalis, sebisa mungkin kurangilah benda-benda di rumah Anda. Gunakan seminimal mungkin barang-barang di rumah Anda. Terutama perabotan yang berukuran besar-besar, atau yang tidak mempunyai fungsi yang jelas dan sangat berguna. Rumah minimalis mempunyai jargon yang khas, yaitu less is more. Semakin sederhana rumah tersebut, maka nilai rumah tersebut akan semakin tinggi. 

Bentuk perabotannya juga khas. Biasanya tidak memakan banyak tempat dan tidak berukuran besar. Biasanya, lemari atau mejanya menempel pada dinding atau digantung sehingga memberikan ruang kosong yang membuat ruangan jadi lebih lapang. Kursi atau sofanya juga biasanya memiliki kaki-kaki yang ramping.

Warna Khas

Warna cat rumah minimalis biasanya memiliki warna yang cenderung netral, terkesan bersih dan sederhana. Kombinasi warna yang digunakan membuat ruangan di rumah minimalis terlihat lebih luas dan nyaman, sehingga Anda bisa beraktivitas dengan leluasa di dalamnya. Biasanya tembok dicat polos begitu saja tanpa adanya hiasan-hiasan atau dekorasi berlebihan di dinding. Warnanya juga biasanya tidak mencolok sehingga banyak menggunakan warna putih, abu-abu, hitam, atau warna-warna lainnya dengan shade warna muda. Misalnya, jika kamar tidur Anda bertemakan warna biru, gunakan warna biru muda atau biru pastel.

Terbuka
Satu lagi yang membuat rumah minimalis ini menjadi khas adalah ruangannya yang tanpa ruang. Maksudnya dalam hal ini adalah ada beberapa ruangan di rumah minimalis yang tidak memiliki batas satu dengan yang lain. Misalnya, penyatuan ruang keluarga dan dapur. Antara dua ruangan ini tidak ada tembok yang memisahkan. Biasanya dibiarkan terbuka begitu saja tanpa adanya partisi. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk adanya partisi atau pembatas di antara ruang tersebut. Tapi, biasanya diberikan jarak kosong yang cukup besar antara dapur dan ruang keluarga itu sendiri. Dengan tidak adanya batasan tersebut, menampilkan dengan terbuka kesederhanaan dan ke-‘minimalis’-an setiap ruangannya.

Terang
Tak hanya warna tembok yang berwarna cerah yang membuat ruangan di rumah menjadi lebih terang. Jendela-jendela juga ikut berperan untuk menghadirkan sinar matahari ke dalam ruangan. Tanpa adanya sinar matahari yang cukup, ruangan akan terasa redup dan tentu akan jadi lebih gelap. Ruangan yang terang juga dapat terlihat jadi lebih luas.
Sinar matahari juga akan memberikan dampak yang positif dengan memberikan energi positif bagi orang-orang yang berada di dalam rumah. Pencahayaan yang baik dan cukup dapat mendorong orang untuk bisa lebih semangat dalam menjalani hari.

Material
Anda juga perlu mengetahui beberapa material khas dalam rumah minimalis agar bisa membantu Anda dalam memilih furnitur di dalamnya. Biasanya, rumah minimalis tidak lepas dari unsur-unsur kayu, besi dan juga kaca. Furnitur yang terbuat dari kaca dapat membantu membuat ruangan jadi lebih luas karena bahan kaca yang transparan. Tapi perlu berhati-hati karena bahannya yang cukup mudah pecah. Hindari penggunaan furnitur yang sering diakses agar tidak mudah pecah.


EmoticonEmoticon